PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS ACTIVE LEARNING (STUDI KOMPARATIF AKTIF LEARNiNG, SISTEM AREA DAN PENDEKATAN BCCT)

fatrica Sayfri

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan slah satu unsure penting untuk digiatkan guna mencapai tujuan pendidikan nasional yang seutuhnya. Dalam merealisasikan PAUD ini membutuhkan berbagai pendekatan dan strategi untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan potensi anak. Pendekatan Active Learning, sistem Area, dan BCCT adalah bagian penting untuk dijadikan metode dalam pengembangan PAUD. Masing-masing pendekatan memiliki kelemahan dan kelebihan sesuai dengan sifat dan karakteristiknya, sehingga ketiga pendekatan ini penting untuk diketengahkan sebagai model perbandingan dalam penerapannya bagi PAUD.

Keywords


PAUD, Active Learning, Sistem Area dan BCCT

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta :Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Hamruni, 2008 Konsep Konsep edutainment dalam pendidikan islam, Yogyakarta : Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Mel Silberman, 2002 Avtive Learning: 101 Strategis to Teach Any Subject, trj Sarjuli dkk. Yogyakarta: Yappendis

Muhammad Mahyudin, 2007. Managemen ESQ Power, Yogyakarta : Diva Press.

Munif Chitif, 2009. Sekolahnya Manusia, Sekolah Berbasis Multiple Inteileggences di Indonesia, Bandung: Kaifa

Siti Murtiningsih, 2004. Pendidikan Alat Perlawanan; teori Pendidikan Radikkal Faulo Freire, Yogyakarta. Resist Book




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v10i1.1530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing by :
   
 

 

 Google ScholarIndonesia One Search

indexing by :

  

 

free web stats

Nuansa's Visitors