ETIKA KEMANUSIAAN

Anton Anton

Abstract


Etika Kemanusian. Merenungkan akan apa dan siapa sebenarnya manusia ini secara mendalam hakikat makna tentu memerlukan waktu yang tidak singkat. Akan bermunculan wacana dan pendapat tentang pandangan siapa manusia sesungguhnya makhluk sosial yang mempunyai ratusan potensi. Manusia yang berakal dan berjasad merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dalam ruang kehidupan tempat dan waktu. Bagi manusia untuk menggali segala hal yang ada dalam kehidupannya sangat bergntung pada salah satu komandan kehidupnnya. Etika, ya inilah sesuatu yang akan membuat manusia tersebut mempunyai nilai yang tiada ternilai harganya. Etika membuat manusia akan mempunyai nilai jual yang tiada terhingga, dalam kehidupan sosial ini kemugkinan yang disebut dengan manusia sempurna tanpa celah. Sesuatu yang baik pun akan kelihatan tidak baik jika tidak menggunakan etika. Sesuatu tanpa etika yang baik maka akan terasa hampa bagi kehidupan. Terkait dengan hal ini etika dan kemanusiaan tidak dapat dipisahkan karena manusia akan mempunyai nilai-nilai kemanusiaan yang sesuai dengan makhluk berpikir dengan baik jika menjunjung ni lai dan etika yang sudah dibenarkan oleh konsep kehidupan.

Keywords


etika kemanusiaan, hakekat manusia

Full Text:

PDF

References


Ayatullah Murtadha Muthahhari. Islam dan tantangan zaman Rasionalitas Islam dalam Dialog yang pasti dalam konteks yang berubah. Jakarta: Sadra. 2011.

Sayid Hasan Islami. Politik Khomeini Wajah Politik Islam. Jakrta: Citra Anggota (IKAPI). 2012.

Dyatmiko Soemodihardjo. Mencegah dan memberantas Korupsi Mencermati Dinamikanya di Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher. 2008.

Endang Saifuddin Anshari. Wawasan Islam Pokok-Pokok Pikiran Tentang Paradigma dan Sistem Islam. Jakarta: Gema Insani. 2004.

Machasin. Islam Dinamis Islam Harmonis Lokalitas Pluralitas Terorisme. Yogyakarta: Lkis Group. 2011.

Syarifuddin Jurdi. Sosiologi Islam dan masyarakat Modern, Teori, Fakta dan aksi Sosial. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup. 2010

A. M. Romly. Fungsi Agama Bagi Manusia Suatu Pendekatan Filsafat. Jakarta: PT Rena Bina Pariwara (BRP). 1999

A. Muis. Komunikasi Islam. Bandung: PT Rosdakarya. 2011.

Abdul hammid, Yaya. Pemikiran Modern dalam Islam. Bandung: CV Pustaka Setia. 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing by :
   

free web stats

Nuansa's Visitors

Creative Commons License
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is published by IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.