AKTUALISASI KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA: Studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Bengkulu

A. Suradi Suradi, Aam Amaliyah

Abstract


Aktualisasi Kurikulum Kerangka Kualifi kasi Nasional Indonesia:Studi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Bengkulu. Penelitian ini untuk mengungkap tentang kesiapan perguruan tinggi keagamaan Islam di Provinsi Bengkulu dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifi kasi Nasional Indonesia (KKNI), tenaga pengajarnya, serta sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan desain penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifi kasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kesiapan perguruan tinggi keagamaan Islam di Provinsi Bengkulu implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI tergolong belum siap, hal ini dapat di lihat dari beberapa indikator bahwa 1). Steckholder belum pernah mengikuti workshop, pelatihan atau diklat tentang penyusunan kurikulum berbasis KKNI, 2). Belum pernah mendapatkan sosialisasi mengenai kurikulum yang mengacu kepada KKNI, dan 3). Belum mempunyai panduan penyusunan kurikulum tentang KKNI. Kesiapan dosen dalam implementasi kurikulum yang mengacu pada KKNI di perguruan tinggi keagamaan Islam di Provinsi Bengkulu juga tergolong belum siap, hal ini dapat di lihat dari kurangnya pemahaman dosen-dosen tentang kurikulum yang mengacu kepada KKNI, sistem pengajaran yang di sampaikan oleh para dosen masih cenderung secara konvensional. Dari segi sarana dan prasarana dapat di katakan sudah cukup memadai dalam implementasi kurikulum yang mengacu kepada KKNI.

Keywords


Kurikulum, Kerangka Kualifi kasi Nasional Indonesia, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Full Text:

PDF

References


Arifi n, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Furchan, Arief & Muhaimin. 2015. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Ghufron, Anik. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kajian Kritis terhadap Implementasi dan

Implikasinya. Majalah Ilmiah Pondasi Pendidikan Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan

UNY.

Juknis Pengembangan Kurikulum KKNI IAIN

Bengkulu Tahun 2014.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2014. Sukses

Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Muhaimin. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafi ndo Persada.

Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014, Pasal 1

Butir 6, Tentang Standar Nasional Pendidikan

Tinggi.

Rosyada, Dede. 2018. http://www.uinjkt.ac.id/id/

surat-keterangan-pendamping-ijazah/ di akses pada 17 Mei 2018.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif.

Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisno & Suyadi. 2015. Desain Kurikulum Perguruan Tinggi Mengacu Kerangka Kualifi kasi

Nasional Indonesia. Bandung: Rosdakarya.

Tim KKNI Kemenristek Dikti. 2015. Dokumen 001

KKNI. Jakarta: Dirjen Pemberdayaan dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemenristekdikti.

Zuriah. 2015. Metodologi Penelitian Sosial dan

Pendidikan. Jakarta: Rineka Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing by :
          
   

free web stats

Nuansa's Visitors

Creative Commons License
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is published by IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.