The Shift of Islamic Tolerant Paradigm On Islamic Religious Education in Indonesia

Siti Mas' ulah

Abstract


Problematika intoleransi beragama menjadi kegelisahan berbagai pihak karena hal itu dapat memicu lahirnya konflik antar agama. Dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, penelitian ini menunjukkan bahwa paham Islam intoleran yang semakin meningkat di kalangan Muslim terutama di kalangan peserta didik perlu dibendung dengan meningkatkan layanan sistem pendidikan agama Islam yang berpaham toleran sebagaimana yang sudah diajarkan oleh pondok pesantren di Indonesia, sehingga motivasi belajar agama Islam yang semakin meningkat di kalangan muslim itu diharapkan dapat memilih lembaga pendidikan agama yang berpaham toleran. Di samping itu, peran pemerintah dibutuhkan untuk meningkatkan layanan pendidikan keagamaan Islam di lembaga pendidikan negeri untuk memenuhi trend belajar agama Islam yang semakin meningkat di kalangan masyarakat muslim.


Keywords


lembaga pendidikan, pendidikan agama Islam, toleransi, dan intoleran

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Jumal, 'Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah', Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, 2018

Ahyar, Muzayyin, ‘Membaca Gerakan Islam Radikal dan Deradikalisasi Gerakan Islam’, Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 2015

Aziz, Nuraki, ‘Temuan BNPT tentang Paparan Radikalisme di Sejumlah Universitas Dipertanyakan’, Https://Www.Bbc.Com/Indonesia/Indonesia-44357353, 2018

Azzah Nor Laila & Fathur Rohman, ‘Pesantren Amtsilati Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Anti Radikalisme di Jepara’, Al-Fikri, 2018

Fitriani, Laily, ‘Pendidikan Peace Building di Pesantren: Sebuah Upaya Mencegah Radikalisasi’, Ulul Albab:Jurnal Studi Islam, 2015

Hasan, Noorhaidi, ‘Education, Young Islamists and Integrated Islamic Schools in Indonesia’, Studia Islamika, 2012

Hayadin, Hayadin, ‘Tragedi Kecolongan Rohis Keterlibatan Alumni Rohis SMKN Anggrek pada Aksi Radikalisme’, Al-Qalam, 2016

Khoirun Nida, Fatma Laili, ‘Membangun Motivasi Beragama Melalui Penguatan Makna Hidup bagi Perempuan Pekerja Seks Komersial di Kompleks Lokalisasi Lorong Indah Kabupaten Pati Jawa Tengah’, Nuansa, 2019

Magdalena, Magdalena, ‘Konstruksi Muslim Kaffah dalam Kurikulum Terpadu di Sekolah Islam Terpadu’, Proceeding IAIN Batusangkar, 2017

Mahmudah, Husnatul, ‘Transmisi Ideologi Fundamentalisme dalam Pendidikan’, Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 2017

Muin, Fatkhul, and Aan Aspihanto, ‘Sinergi terhadap Pencegahan Terorisme dan Paham Radikalisme’, Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 2017

Munip, Abdul, ‘Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah’, Jurnal Pendidikan Islam, 1970

Parisi, Salman, ‘Peran Guru PAI dalam Upaya Deradikalisasi Siswa’, Safina: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2017

Prasetiawati, Eka, ‘Menanamkan Islam Moderat untuk Menanggulangi Radikalisme di Indonesia’, Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 2017

Rahman, Panji Futuh, Endis Firdaus, and Wawan Hermawan, ‘Penerapan Materi Deradikalisasi untuk Menanggulangi Radikalisme pada Ekstrakurikuler Keagamaan (Penelitian Tindakan pada Ekstrakurikuler Keagamaan DKM Nurul Khomsah di SMA Negeri 5 Bandung)’, Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 2016

Ritonga, A. Rahman, ‘Memahami Islam Secara Kaffah: Integrasi Ilmu Keagamaan dengan Ilmu-Ilmu Umum’, Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 2016

Rokhmad, Abu, ‘Radikalisme Islam dan Upaya Deradikalisasi Paham Radikal’, Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 2012

Sary, Noermala, ‘Mencegah Penyebaran Paham Radikalisme Pada Sekolah’, Manthiq, 2017

Thoyyib, Mochamad, ‘Radikalisme Islam Indonesia’, Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2018

Usman, Muhammad Idris, ‘Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Sejarah Lahir, Sistem Pendidikan, dan Perkembangannya Masa Kini)’, Jurnal Al-Hikmah, 2013

Wahid, Abdurrahman, Islamku, Islam Anda dan Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi (Jakarta: Yayasan Abad Demokrasi, 2011)

Yusup, Muhammad, ‘Eksklusivisme Beragama Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Yogyakarta’, Religi Jurnal Studi Agama-Agama, 2018

Zayyadi, Ahmad, ‘Deradikalisasi Agama dalam Strategi Penanggulangan Radikalisme dan Terorisme di Universitas Jenderal Soedirman dan IAIN Purwokerto’, An-Nidzam, 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v13i2.3947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing by :
   

free web stats

Nuansa's Visitors

Creative Commons License
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is published by IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.