Implikasi Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kreatifitas Guru PAI di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darussalam Kepahiang

Herli Puspita Sari, Kusen Kusen, Eka Yanuarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi era revolusi industri 4.0 dalam meningkatkan kreatifitas guru pendidikan agama Islam dalam rangka menyeimbangi pesatnya teknologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: implikasi era revolusi industri 4.0 dalam meningkatkan kekreatifitasan seorang guru pendidikan agama Islam di Sekolah dan dilaksanakan melalui beberapa cara: mengikuti perkembangan teknologi, Bisa disimpulkan bahwa pihak sekolah berupaya menyeimbangi dampak era revolusi industry 4.0 dan pesatnya teknologi dengan melibatkan banyak pihak, seperti guru, dan komite sekolah, selain itu juga santri dan juga wali santri pembuatan keputusan melalui gugus mutu terdiri dari guru-guru senior secara keilmuan dan metodologi pembelajaran, anggota komite sekolah dari kalangan pakar atau praktisi yang mapan, tim pengendali manajemen pembelajaran dan keputusan sekolah secara partisifatip.

Keywords


Era Revolusi Industri 4.0, Kreatifitas, Guru Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Bahagio, s. globalisasi menghempas dunia (Jakarta:2006) h 130

Baiquni, m. revolusi industry, ledakan penduduk, masalah lingkungan. Jurnal sains dan teknologi lingkungan.(januari:2006) hal 38-39

Eka Yanuarti. (2017). Jurnal Penelitian “Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13” 11, no. 2 Halaman 237-265 http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/3489

Fakih n, runtuhnya teori pembangunan dan globalisasi. Yogyakarta:insint press dan pustaka belajar

Fitriani A, Yanuarti E, (2018) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 3 (2), 173-202

Galang Surya Gumilang, “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling,” Jurnal Fokus Konseling 2, no. 2 (2016); Muh Fitrah, Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (Jakarta: Jejak Publisher, 2018).

Imron Rosidi, Sukses Menulis Karya Ilmiah, (Sidogiri: Pustaka Sidogiri, 2010), hal. 22.

Indrayani, N. Sistem Among Ki Hajar Dewantara Dalam Era Revolusi Industri 4.0. jurnal imiah h.384

Kathryn Roulston, “Analysing Interviews,” The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis, 2014, 297–312.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd (Thousand Oaks, CA: Sage, 2014).

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage, 2014.

Nurhaidah. M. I dampak pengaruhglobalisasi dalam kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal pesona dasar 3 ,1-4

Ratnaningsih, Dewi. “Implementasi Penugasan Dosen Di Sekolah (PDS) Dalam Mata Kuliah Strategi, Metode, Dan Media Pembelajaran Berbasis Lesson Study.” Edukasi Lingua Sastra 18, no. 1 (2020): 1–12.

Roulston, Kathryn. “Analysing Interviews.” The SAGE Handbook of Qualitative Data Analysis, 2014, 297–312.

Sakti, Bayu Purbha. “The Role Of Parents And Teachers In Supervising Primary School Student’s Attitude Due To Influence From Technology Based On Industrial Revolution 4.0.” In Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019, 1:179–186, 2019.

Utami Munandar, Kreatifitas dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat, (jakarta: Gramedia pustaka utama, 2002), hal. 24

Warsah, Idi, and Nuzuar Nuzuar. “Analisis Inovasi Administrasi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Man Rejang Lebong).” Edukasi 16, no. 3 (2018): 294572.

Warsah, Idi. “Interkoneksi Pemikiran Al-Ghazāli Dan Sigmund Freud Tentang Potensi Manusia.” Kontekstualita 32, no. 01 (January 26, 2018). http://ejournal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/Kontekstualita/article/view/30.

Yanuarti, E., & Sari, D. P. (2019). Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(2), 127-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/njsik.v13i2.3949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexing by :
   

free web stats

Nuansa's Visitors

Creative Commons License
Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan is published by IAIN Bengkulu. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.