Kebijakan Pendidikan Pemerintah Kolonial Belanda pada Masa Politik Etis di Lampung

Karsiwan Karsiwan, Lisa Retno Sari, Lisa Retno Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemerintah kolonial Belanda dalam bidang pendidikan pada masa politik etis di Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan teknik pengumpulan data melalui teknik studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa Penyelenggaraan pendidikan pada masa politik etis semakin masif sejak Gubernur Jenderal Van Heutz mengizinkan pendirian sekolah-sekolah desa, dengan sumber pembiayaan oleh masyarakat desa. Pembangunan sekolah, pengadaan tenaga pengajar dan anggaran gaji guru bersumber dari keuangan desa. Subsidi biaya penyelenggaraan pendidikan di Lampung baru diberikan pemerintah kolonial Belanda sejak tahun 1922 hingga 1942. Jumlah keseluruhan sekolah yang tercatat di Karesidenan Lampung terdiri dari 42 sekolah desa, 4 sekolah rakyat dan 6 sekolah lanjutan yang tersebar di Onder Afdeling Teluk Betung dan Kota Agung.

Keywords


Sejarah Lokal Lampung

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. Sejarah Pendidikan. Cv Toha Putra: Semarang, 1991.

Benoit, Daniel, et al. Transmigration In Indonesia. Departemen Transmigrasi RI: Jakarta, 1989.

Broersma, R. De Lampongsche Districten. Batavia Javasche Boekhandel, 1916.

Brugmans, I.J, dan Baudet, H. Politik Etis dan Revolusi Kemerdekaan. Jakarta: Buku Obor, 1987.

Brugmans, I.J. Politik Pengajaran. Dalam I.J, Brugmans, dan Baudet, H. Politik Etis dan Revolusi Kemerdekaan. Jakarta: Buku Obor, 1987.

Circa. Javanen bij hun debarkatie in Oosthaven, Lampongs. Leiden University Libraries, 1935.

http://hdl.handle.net/1887.1/item:710234

Circa. Officiële opening van de sluis in de buurt van Metro, Lampongs. Leiden University Libraries, 1935. http://hdl.handle.net/1887.1/item:702868

Circa. Stuwdam in de buurt van Metro, Lampongs. Leiden University Libraries, 1935.

http://hdl.handle.net/1887.1/item:705044

Daliman, A. Sejarah Indonesia Abad XIX- Awal Abad XX. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pendidikan di Indonesia 1900-1974, Jakarta: Balai Pustaka, 1976

Fakhriansyah, M dan Intan Ranti PP. (2019). Akses Pendidikan bagi Pribumi pada Politik Etis 1901-1930. Jurnal Pendidikan Sejarah Vol 8 No. 2 Juli 2019.

Gostchalk, Louis. Mengerti Sejarah (Terjemahan Nugroho Notosusanto). Pustaka Sinar Harapan: Jakarta, 1983.

Herlina, Nina. Metode Sejarah. Bandung: Satya Historika, 2008.

Imadudin, Iim. (2015). Pendidikan Kolonial dan Politik Asosiasi: Kajian Atas Memoar Pangeran Aria Achmad Djajadiningrat (1877-1943). dalam Patanjala. Vol. 7 No. 3 September 2015: 543-558.

Karsiwan. Kejayaan Lada Hingga Praktik Perburuhan di Lampung Abad XVI-XX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI: Jakarta, 2019.

Karsiwan. Pembangunan Irigasi sebagai Kebijakan Etis Pemerintah Koloial Belanda di Pringsewu Lampung Tahun 1927. Jurnal Pesagi Vol 1, No. 3 Tahun 2013.

Kasdi, Aminuddin. Memahami Sejarah. Surabaya: Unesa Univ. Press, 2005.

Kuntowijoyo. Metodologi Sejarah, Edisi kedua, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2013

Majalah Pelita Marga. 1937. Perpustakaan Nasional, Koleksi

Majalah Pelita Marga. 1939. Perpustakaan Nasional, Koleksi

Majalah Pelita Marga. 1940. Perpustakaan Nasional, Koleksi

Makmur, Djohan dkk. Sejarah pendidikan di Indonesia zaman penjajahan. Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan RI, 1993.

Maria, Christina Lambert. Colonial Education Policy and Practice in Indonesia: 1900-1942. PhD Dissertation. Autralian National University, 1968.

Nasution, S. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Notosusanto, Nugroho. Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer (Suatu Pengalaman). Inti Idayu: Jakarta, 1984.

Nurhusna Afandi, Alifia dkk. Pendidikan Pada Masa Pemerintah Kolonial di Hindia Belanda Tahun 1900-1930. Jurnal Artefak Vol. 7 No. 1 April 2020.

Probonegoro, KRTAA. Lampung Tanah Lan Tiyangipun. Jakarta: Balai Pustaka, 1940.

Ramadhan KH. Transmigrasi: Harapan dan Tantangannya. P.D Karya Jaya Bhakti : Jakarta, 1993.

Rickleffs, M. C. Sejarah Indonesia Modern. Gajah Mada Press : Yogyakarta, 1995.

Shiraishi, Takashi. ZAMAN BERGERAK: Radikalisme Rakyat di Jawa, 1921-1926. Terj. Hilmar Farid. Pustaka Utama Grafiti: Jakarta, 1997.

Sjamsu M, Amral. Dari Kolonisasi ke Transmigrasi 1905-1955. Djambatan: Djakarta, 1956.

Staatsblad Van Nederlandsch-Indie Tahun 1926. No. 530

Staatsblad Van Nederlandsch-Indie Tahun 1940. No.285

Suwignyo, Agus. Pendidikan, Kekuasaan, dan Kolonialisme. Quantum Jogja: Jogjakarta, 2019.

Zed, Mestika. “Engku Mohammad Sjafe’i dan INS Kayutanam: Jejak Pemikiran Pendidikannya”, dalam TINGKAP Vol. VIII No. 2 Th. 2012, hlm. 173-188, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v6i1.4375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Index By:

 Google ScholarIndonesia One Search

Garuda ROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources 

      

Creative Commons License 


Tsaqofah & Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam ini diterbitkan oleh Jurusan Adab IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia

View My Stats