Ulama-Ulama Sufi Penyebar Islam dari Aceh (Biografi, Karya dan Ajaran)

Depi kurniati

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber-sumber dari penelitian ini di dapatkan dari jurnal-jurnal dan buku-buku. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Hamzah Fansuri merupakan ulama yang menjadi pelopor utama dalam memajukan kesusasteraan Melayu melalui syair-syairnya. Syekh Syamsuddin sendiri merupakan murid dari Hamzah Fansuri dan mereka berdua merupakan ulama yang menganut aliran wihdatul wujud. Mengenai Biografi dan tempat kelahiran keduanya tidak ditemukan catatan yang jelas mengenai itu. Sedangkan Syekh Nuruddin ar-Raniri merupakan ulama sufi yang juga ahli dalam bidang ilmu yang lain, seperti teologi, hadits, politik dan perbandingan agama. Beliau datang dan membawa ajaran baru serta mengecam ajaran yang dibawa oleh Hamzah Fansuri dan Syamsuddin al-Sumatrani mengenai wihdatul wujud.

 


Keywords


Hamzah Fansuri, Syamsuddin al-Sumatrani, Nuruddin al-Raniri

Full Text:

PDF

References


Al-Attas, M. N. (1970). The Mysticism of Hamzah Fansuri,. Kuala Lumpur: University of Malaya Press.

al-Burhanfuri, F. (1965). Tuhfah al-Mursalah ila Ruh an-Nabi. Canberra: ANU.

Ambary, H. M. (2002). Hamzah Fansuri Ulama Besar dan Kualitas Intelektualnya. Singkil: Pemda Singkil.

Aquinas, T. (1968). On Being and Essence. Toronto: Fontifical Institute of Medieval Studies.

Arifin, M. (2013). Sufi Nusantara. Yogyakarta: ar-Ruzz Media.

Aristoteles. (1896). The Metaphysics. London: George Bell and Sons.

Azra, A. (1998 ). Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII: Melacak Akar-akar Pembaharuan Pemikiran Islam di Indonesia. Bandung: Mizan.

Bahasa, B. P. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Braginsky, V. (1983). Isoriya Malayskoy Literatury 7-9 Vekov. Moskow: Nauka.

Braginsky, V. (1983). Isoriya Malayskoy Literatury 7-9 Vekov. Moskow: Nauka.

Bruinessen, M. v. (1994). The origins and development of Sufi orders (tarekat) in Southeast Asia. Studia Islamika, 4.

Dahlan, A. A. (1991). Tasawuf Sunni dan Tasawuf Falsafi: Tinjauan Filosofis dalam Ulumul Qur'an. Volume 2, No. 8.

Daliman, A. (2012). Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Davis, J. (1630). The Voyages and Works of John Davis. London: Hakluyt Society.

Drewes, G., & Barkel, L. (1986). The Poems of Hamzah Fansuri. Dardrecht/Cinnainson: Paris Publication.

Farida, U. (2017). Kontribusi Nur Ad-Din Ar-Raniri dan Abd Ar-Rauf As-Sinkli dalam Pengembangan Kajian Hadits di Indonesia. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, Volume 3, Nomor 1, 1-10.

Fayrus, M. (2018). Nuruddin Ar-Raniri: Kajian Pemikiran Tokoh Muslim Indonesia. SIASAT Journal Of Religion, Social, Cultural and Political Sciences, 15-23.

Feener, R. M. (2011). South-East Asian Localisations of Islam and Participation within a Global umma, c. 1500 1800 . Dalam A. R. (et.al), The New Cambridge History of Islam, jilid 3, (hal. 499-500). Cambridge: Cambridge University Press.

Guillot, C., & Kalus, L. (2000). La stèle funéraire de Hamzah Fansuri. Archipel, 3-24.

Guillot, C., & Kalus, L. (2009). Batu Nisan Hamzah Fansuri. Jurnal Terjemahan Alam: Alam Tamadduin Melayu, 1.

Hadi, A. (1999). Islam and State in Seventeenth Century Aceh. Montreal: McGill University.

Hadi, A. (2016). Indonesia dalam Arus Sejarah (Kedatangan dan Peradaban Islam Jilid III. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Hadi, A. (2016). Jejak Sang Sufi: Hamzah Fansuri dan Syair-Syair Tasawufnya. Kalam 28, 5.

Hurgronje, S. (1906). The Acehnese. Leiden: Brill.

Irham, M. (2018). Biografi dan Pemikiran Syamsuddin As-Sumatrani. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Iskandar, T. (1958). De Hikajat Atjeh. Gravenhage: Martinus Nijhoff.

Ismail. (2016, September). Falsafah Wujudiyah Hamzah Fansuri Pemikiran dan Pengaruhnya di Dunia Melayu Nusantara. Jurnal Manhaj, Vol. 4, No. 3, 239-252.

Ito, T. (1984). The world of the Adat Aceh: A historical study of the Sultanate of Aceh. Canberra: Australian National University.

Kamarzaman, M. H., & Mahmood, A. R. (2017). Sumbangan dan Peranan Shaykh Sahmas Al-Din Al-Sumatrani Terhadap Perkembangan Islam di Nusantara. Jurnal Hadhari, 207-221.

Knysh, A. (2011). Sufism. Dalam R. Irwin, The New Cambridge History of Islam (hal. 103). Cambridge: Cambridge University Press.

Lancaster, J. (1970). The Voyages of Sir James Lancaster to Brazil and the East Indies. London: Hakluyt Society.

Lodewijcksz, W. (1630). Premier Livre de l’Histoire de la Navigation aux Indes Orientales, par les Hollandois. Amsterdam: Livre.

Majid, A. (2015, Oktober). Karakteristik Pemikiran Islam Nuruddin Ar-Raniri. Jurnal Substantia, Volume 17, Nomor 2, 79-190.

Mannan, N. H. (2016, Oktober). Karya Sastra Ulama Sufi Aceh Hamzah Fansuri Bingkai Sejarah Dunia Pendidikan. Jurnal Substantia, Volume 18, Nomor 2, 97-206.

Ni'am, S. (2017, Juni). Hamzah Fansuri: Pelopor Tasawuf Wujudiyan dan Pengaruhnya Hingga Kini di Nusantara. Jurnal Epistime, Vol 12, No. 1, 261-286.

Nieuwenhuije, C. v. (1945). Shams’l-Din van Pasai: Bjidrage tot de Kennis der Sumatraanche Mystiek. Leiden: Brill.

Parpatih, S. D. (2015). Syamsuddin Sumatrani: Tokoh Tasawuf dari Aceh. Al-Qalb Jurnal Psikologi Islam, 24-31.

Poesponegoro, M. D. (2008). Sejarah Nasional Indonesia III. Jakarta: Balai Pustaka.

Rambe, S. (2019, Juni). Tradisi Keulamaan (Biografi dan Pemikiran Hamzah Fansuri). Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 6 No. 1, 598-611.

Riddell, P. (2001). Islam and The Malay-Indonesia World: Transmission and Responses. London: Hurst and Company.

Riddell, P. G. (2011). Islam and The Malay-Indonesian World: Transmission and Responses. London: Hurst and Company.

Ritkie, D. A. (2003). Doing Oral History. Oxford: Oxford University Press.

Rosenthal, F. (1968). A History of Muslim Historiography. Leiden: Brill.

Solihin, M. (2001). Sejarah dan Pemikiran Tasawuf di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Steenbrink, K. (1995). Qur'an Interpretations of Hamzah Fansuri (CA. 1600) and Hamka (1908-1982): A Comparison. Studia Islamika, 79.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasman. (2013). Metodologi Penelitian Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Suwondo, T. (1998). Syamsuddin Al-Sumatrani (Riwayat, Karya, Ajaran, Kecaman dan Pembelaannya). PANGSURA: Jurnal Pengkajian dan Penelitian Sastera Asia Tenggara, 49-62.

Syukri, A. (2020). Hamzah Fansuri Dan Pembaharuan Kebudayaan Melayu. Prosiding International Seminar On Islamic Studies And Education (ISoISE) (hal. 1-22). Jambi: Kolaborasi Pascasarjana UIN STS Jambi - Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Telaranta, M. (2012). Aristotelian Elements in the the Thinking of Ibn al-‘Arabí and the Young Martin Heidegger. Helsinki: University of Helsinki.

Unger, W. (1948). Tbe Voyage of Captain John Davis to tbe Eastern India, pilot in a Dutch Ship. Gravenhage: Nijhoff.

WM, A. H. (2002). Jejak Sang Sufi Hamzah Fansuri dan Syair-syair Tasaufnya. Singkil: Pemda Singkil.

Zahrina, C. (2018). Memahami Sejarah Tasawuf di Aceh. Banda Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ttjksi.v6i1.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Index By:

  

     MORAREF GARUDA DOI ISSU